Thursday, October 21, 2010

Jauhkan HP dari Kantong Celana

 MEMAKAI hands-free set untuk komunikasi dalam menggunakan HP sering dilakukan sebagian orang. Dalam kajian para ahli kesehatan reproduksi, cara tersebut relatif berisiko terjadi gangguan kualitas sperma. Khususnya jika HP yang aktif berada relatif dekat dengan pabrik sperma di testis.

Para suami yang sedang dalam perawatan infertilitas atau yang masih memerlukan menambah jumlah anak sebaiknya menjauhi kebiasaan tersebut. HP yang dalam kondisi aktif akan mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang potensial merusak bahan genetik (DNA) di dalam sel sperma. Juga mengganggu kemampuan gerak (motility) sperma dan mengganggu kemampuan hidup (vitality) sperma.

Kerusakan sel sperma karena radiasi gelombang elektromagnetik akan berakibat kerusakan struktur penyangga di dalam sperma. Selain itu, memunculkan bahan racun yang disebut radikal bebas (free radicals) yang mengganggu potensi kesuburan sperma.

Derajat gangguan sperma yang terjadi bergantung pada kualitas paparan radiasi gelombang dari HP. Pun bergantung kualitas sperma pada awalnya. Sperma yang dari awal kualitasnya kurang baik akan lebih mudah mengalami gangguan karena pengaruh radiasi.

Untuk laptop, jangan menggunakannya dengan cara memangku. Selain panas yang ditimbulkan bisa mengganggu organ vital yang letaknya dalam kantong zakar tersebut, pancaran radiasinya berdampak kurang menguntungkan. Secara umum, membatasi serta menggunakan HP dan laptop secara aman perlu dilakukan.

Sumber Kalteng Pos Press

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2011 @ BanGs!
Design by Wordpress Manual | Bloggerized by Free Blogger Template and Blog Teacher | Powered by Blogger